Langsung ke konten utama

Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Android dalam Pembelajaran berbasis IT



TUGAS INDIVIDU
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
“MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT”

Disusun Oleh :
Panji Sang Putra
(ACC 115 001)

Dosen Pengampu :
Nopriawan Berkat Asi, S.Si, M.Pd




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
2018








 


Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Android dalam Pembelajaran berbasis IT

            Dalam era globalisasi dan maraknya perkembangan zaman yang semakin pesat ini, banyak teknologi-teknologi baru yang bermunculan. Dimana kita ketahui bahwa teknologi-teknologi tersebut dapat mempermudah kita dalam melakukan suatu perkerjaan. Salah satu teknologi cangih yang sering kita gunakan adalah Handphone pintar atau hanphone yang bersistem operasi android.
            Dewasa ini banyak orang yang menggunakan handphone bersistem android, karena kecangihannya. Bukan hanya orang dewasa, sekarang banyak anak-anak kaum remaja terutama pelajar  yang mempunyai hp android. Dimana bagi mereka hp android tersebut selain digunakan sebagai alat komunikasi, digunakan juga untuk update di medsos, internetan, mencari tugas, bermain game dan banyak lagi kegunaannya. Dari beberapa kegunaan tersebut, dominan banyak para pelajar yang menggunakan hp android untuk bermain game dari pada memanfaatkannya untuk pembelajaran. Misalnya game yang lagi rame dimainkan saat ini yaitu game online mobile legend. Sebenarnya tidak buruk bermain game bila sekedar untuk refressing dan dimainkan dengan wajar serta tidak mengganggu waktu belajar. Tapi bila game tersebut dimainkan tanpa kenal waktu, pastinya dapat mengganggu. Mayoritas dari remaja atau peserta didik sekarang lebih menyukai bermain handphone dibandingkan dengan meluangkan waktu untuk membaca buku dan belajar. Oleh karena itu perlu suatu tindakan untuk menyikapi hal ini.
            Akan tetapi penggunaan hanphone dengan sistem operasi android sekarang masih sebatas untuk hiburan dan berkomunikasi semata. Padahal handphone dengan sistem operasi android selain digunakan sebagai alat komunikasi, juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, teknologi tidak hanya digunakan pada bidang-bidang lain saja, dalam bidang pendidikan teknologi juga dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran, yaitu digunakan sebagai media pembelajaran. Dalam pembelajaran banyak juga media pembelajaran yang menggunakan bantuan teknologi contohnya LCD Projector, Laptop, PPT, Video, multimedia interaktif dan lain-lain. Semua media pembelajaran ini digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Dimana dengan bantuan media pembelajaran ini, maka proses pembelajaran menjadi lebih mudah.
            Bila ditinjau dari proses pembelajaran yang sering dilakukan oleh guru disekolah saat ini, banyak guru hanya mengajar seadanya saja dan tidak mengembangkan cara mengajarnya. Banyak guru hanya mengajar dengan model pembelajaran yang ia anggap mudah dilaksanakan dan menggunakan media pembelajaran yang biasa seperti LCD, PPT, tanpa mengembangkan cara mengajar yang baru. Atau bahkan ada guru yang hanya mengajar dengan ceramah didepan kelas lalu memberi tugas pada siswa. Cara-cara mengajar yang seperti ini terlihat sangat monoton dan membuat siswa cepat bosan, sehingga minat siswa untuk belajar menjadi kurang. Maka dari itu, dalam perkembangan zaman yang serba menggunakan teknologi cangih ini, guru-guru dituntut untuk kreatif dan terampil dalam memanfaatkan serta mengembangkan media pembelajaran yang dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar.
            Di sekolah, banyak siswa yang menggangap bahwa pelajaran kimia adalah pelajaran yang sulit dan ada juga siswa yang takut dengan guru kimianya. Karena anggapan ini, banyak siswa yang takut belajar kimia dan minat siswa untuk belajar kimia menjadi sangat kurang. Dalam kasus ini, disinilah diperlukan peran guru untuk memberikan pengertian kepada siswa bahwa sebenarnya pelajaran kimia itu bukanlah pelajaran yang sulit tapi pelajaran kimia adalah pelajaran yang asik dan menyenangkan. Untuk membuat pembelajaran kimia menjadi asik dan menyenangkan guru dapat memanfaatkan media pembelajaran, terutama media pembelajaran multimedia interaktif, karena multimedia interaktif bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Dalam pelajaran kimia banyak materi kimia yang dapat didukung dengan media pembelajaran multimedia interaktif, karena dalam kimia banyak konsep-konsep yang abstrak, misalnya pada materi atom, molekul dan lain-lain, sehingga perlu suatu model untuk menjelaskan konsepnya. Oleh karena itu diperlukan suatu media pembelajaran untuk mengambarkan konsep tersebut agar siswa dapat melihat secara langsung bagaimana konsep yang dipelajarinya.
            Berangkat dari apa yang telah dijelaskan diatas, penulis tertarik untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis android sebagai penunjang dalam proses pembelajaran kimia. Multimedia interaktif yang ingin penulis kembangkan disini, dirancang dengan menggunakan software komputer atau aplikasi Adobe Flash. Dimana multimedia interaktif ini nanti akan digunakan sebagai alat untuk mengajar. Prosesnya siswa akan diberikan aplikasi android multimedia interaktif agar di instal di hp android masing-masing. Setelah itu siswa akan belajar melalui aplikasi tersebut dan guru akan menuntun siswa dalam proses pembelajaran, menggunakan aplikasi tersebut.
            Dari pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis android ini, penulis berharap agar media pembelajaran yang dikembangkan dapat mendukung pembelajaran dengan baik dan membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif serta membangkitkan minat siswa untuk belajar, terutama pada pelajaran kimia dan dapat digunakan oleh semua kalangan terutama bagi peserta didik kapan pun dan dimana pun artinya tidak terbatas waktu dan ruang sehingga dapat menunjang proses pembelajaran. Penulis juga berharap agar para pembaca dapat tau bahwa hp android selain digunakan sebagai alat komunikasi, juga dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dan semuanya tergantung pada keinginan guru untuk mengembangkannya. Guru harus mampu menjadi tenaga pedidik yang profesional, tentuya dengan terus mengembangkan diri dan evaluasi diri.
            Demikian artikel singkat ini, semoga apa yang penulis tulis dapat bermanfaat bagi semua pembaca dan dapat menginspirasi pembaca, terutama guru-guru sebagai tenaga pendidik. akhir kata penulis ucapakan terima kasih.

Salam Guru Kreatif !!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UTS Mata Kuliah Kapita Selekta Pendidikan Kimia

UJIAN TENGAH SEMESTER KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN KIMIA “ARTIKEL PENILAIAN HASIL BELAJAR KIMIA” Oleh : Panji Sang Putra (ACC 115 001) Dosen Pengampu : Nopriawan Berkat Asi, S.Si, M.Pd P ROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PALANGKA   RAYA 2018 UTS KAPITA SELEKTA Artikel Tentang Penilaian Hasil Belajar Kimia Dewasa ini banyak guru kimia yang masih kurang memperhatikan penilaian terhadap hasil belajar siswanya. Kebanyakan  Guru hanya ingin mengambil mudahnya saja, yaitu guru hanya memberikan penilaian dengan memberikan soal kepada siswa tanpa mengetahui apakah penilaian tersebut sudah sesuai dengan aspek hasil belajar? Apakah penilaian yang dilakukan atau instrumen sudah mengukur apa yang hendak diukur? Apakah standar sudah sama dengan kemampuan siswa? Guru masih belum memahami betul tentang beberapa hal y...

Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Android dalam Pembelajaran Kimia berbasis IT

TUGAS INDIVIDU PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS IT” Disusun Oleh : Panji Sang Putra (ACC 115 001) Dosen Pengampu : Nopriawan Berkat Asi, S.Si, M.Pd P ROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PALANGKA RAYA 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Android dalam Pembelajaran Kimia berbasis IT              Dalam era globalisasi dan maraknya perkembangan zaman yang semakin pesat ini, banyak teknologi-teknologi baru yang bermunculan. Dimana kita ketahui bahwa teknologi-teknologi tersebut dapat mempermudah kita dalam melakukan suatu perkerjaan. Salah satu teknologi cangih yang sering kita gunakan adalah Handphone pintar atau hanphone yang bersistem operasi android.             Dewasa in...

UTS KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN KIMIA

UJIAN TENGAH SEMESTER KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN KIMIA “ARTIKEL PENILAIAN HASIL BELAJAR KIMIA” Oleh : Panji Sang Putra (ACC 115 001) Dosen Pengampu : Nopriawan Berkat Asi, S.Si, M.Pd P ROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PALANGKA   RAYA 2018 UTS KAPITA SELEKTA Artikel Tentang Penilaian Hasil Belajar Kimia Dewasa ini banyak guru kimia yang masih kurang memperhatikan penilaian terhadap hasil belajar siswanya. Kebanyakan  Guru hanya ingin mengambil mudahnya saja, yaitu guru hanya memberikan penilaian dengan memberikan soal kepada siswa tanpa mengetahui apakah penilaian tersebut sudah sesuai dengan aspek hasil belajar? Apakah penilaian yang dilakukan atau instrumen sudah mengukur apa yang hendak diukur? Apakah standar sudah sama dengan kemampuan siswa? Guru masih belum memahami betul tentang beberapa hal y...