Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Android dalam Pembelajaran berbasis IT
TUGAS INDIVIDU
PENGEMBANGAN MEDIA
PEMBELAJARAN
“MULTIMEDIA INTERAKTIF
BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS IT”
Disusun Oleh :
Panji Sang Putra
(ACC 115 001)
Dosen Pengampu :
Nopriawan Berkat Asi,
S.Si, M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN PENDIDIKAN
MIPA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
2018
Pengembangan
Media Pembelajaran Multimedia Interaktif berbasis Android dalam Pembelajaran
berbasis IT
Dalam era globalisasi dan maraknya perkembangan zaman
yang semakin pesat ini, banyak teknologi-teknologi baru yang bermunculan.
Dimana kita ketahui bahwa teknologi-teknologi tersebut dapat mempermudah kita
dalam melakukan suatu perkerjaan. Salah satu teknologi cangih yang sering kita
gunakan adalah Handphone pintar atau hanphone yang bersistem operasi android.
Dewasa ini banyak orang yang menggunakan handphone
bersistem android, karena kecangihannya. Bukan hanya orang dewasa, sekarang
banyak anak-anak kaum remaja terutama pelajar yang mempunyai hp android. Dimana bagi mereka
hp android tersebut selain digunakan sebagai alat komunikasi, digunakan juga untuk
update di medsos, internetan, mencari tugas, bermain game dan banyak lagi
kegunaannya. Dari beberapa kegunaan tersebut, dominan banyak para pelajar yang
menggunakan hp android untuk bermain game dari pada memanfaatkannya untuk
pembelajaran. Misalnya game yang lagi rame dimainkan saat ini yaitu game online
mobile legend. Sebenarnya tidak buruk
bermain game bila sekedar untuk refressing dan dimainkan dengan wajar serta
tidak mengganggu waktu belajar. Tapi bila game tersebut dimainkan tanpa kenal
waktu, pastinya dapat mengganggu. Mayoritas dari remaja atau peserta didik
sekarang lebih menyukai bermain handphone dibandingkan dengan meluangkan waktu
untuk membaca buku dan belajar. Oleh karena itu perlu suatu tindakan untuk
menyikapi hal ini.
Akan tetapi penggunaan hanphone dengan sistem operasi
android sekarang masih sebatas untuk hiburan dan berkomunikasi semata. Padahal handphone
dengan sistem operasi android selain digunakan sebagai alat komunikasi, juga
bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, teknologi tidak
hanya digunakan pada bidang-bidang lain saja, dalam bidang pendidikan teknologi
juga dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran, yaitu digunakan sebagai
media pembelajaran. Dalam pembelajaran banyak juga media pembelajaran yang
menggunakan bantuan teknologi contohnya LCD Projector, Laptop, PPT, Video,
multimedia interaktif dan lain-lain. Semua media pembelajaran ini digunakan
untuk menunjang proses pembelajaran. Dimana dengan bantuan media pembelajaran
ini, maka proses pembelajaran menjadi lebih mudah.
Bila ditinjau dari proses pembelajaran yang sering
dilakukan oleh guru disekolah saat ini, banyak guru hanya mengajar seadanya
saja dan tidak mengembangkan cara mengajarnya. Banyak guru hanya mengajar
dengan model pembelajaran yang ia anggap mudah dilaksanakan dan menggunakan
media pembelajaran yang biasa seperti LCD, PPT, tanpa mengembangkan cara
mengajar yang baru. Atau bahkan ada guru yang hanya mengajar dengan ceramah
didepan kelas lalu memberi tugas pada siswa. Cara-cara mengajar yang seperti
ini terlihat sangat monoton dan membuat siswa cepat bosan, sehingga minat siswa
untuk belajar menjadi kurang. Maka dari itu, dalam perkembangan zaman yang
serba menggunakan teknologi cangih ini, guru-guru dituntut untuk kreatif dan
terampil dalam memanfaatkan serta mengembangkan media pembelajaran yang dapat
membangkitkan minat siswa untuk belajar.
Di sekolah, banyak siswa yang menggangap bahwa pelajaran
kimia adalah pelajaran yang sulit dan ada juga siswa yang takut dengan guru
kimianya. Karena anggapan ini, banyak siswa yang takut belajar kimia dan minat
siswa untuk belajar kimia menjadi sangat kurang. Dalam kasus ini, disinilah diperlukan
peran guru untuk memberikan pengertian kepada siswa bahwa sebenarnya pelajaran
kimia itu bukanlah pelajaran yang sulit tapi pelajaran kimia adalah pelajaran
yang asik dan menyenangkan. Untuk membuat pembelajaran kimia menjadi asik dan
menyenangkan guru dapat memanfaatkan media pembelajaran, terutama media
pembelajaran multimedia interaktif, karena multimedia interaktif bertujuan
untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Dalam pelajaran
kimia banyak materi kimia yang dapat didukung dengan media pembelajaran
multimedia interaktif, karena dalam kimia banyak konsep-konsep yang abstrak,
misalnya pada materi atom, molekul dan lain-lain, sehingga perlu suatu model
untuk menjelaskan konsepnya. Oleh karena itu diperlukan suatu media
pembelajaran untuk mengambarkan konsep tersebut agar siswa dapat melihat secara
langsung bagaimana konsep yang dipelajarinya.
Berangkat dari apa yang telah dijelaskan diatas, penulis
tertarik untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berupa multimedia
interaktif berbasis android sebagai penunjang dalam proses pembelajaran kimia.
Multimedia interaktif yang ingin penulis kembangkan disini, dirancang dengan
menggunakan software komputer atau aplikasi Adobe Flash. Dimana multimedia
interaktif ini nanti akan digunakan sebagai alat untuk mengajar. Prosesnya
siswa akan diberikan aplikasi android multimedia interaktif agar di instal di
hp android masing-masing. Setelah itu siswa akan belajar melalui aplikasi
tersebut dan guru akan menuntun siswa dalam proses pembelajaran, menggunakan
aplikasi tersebut.
Dari pengembangan media pembelajaran multimedia
interaktif berbasis android ini, penulis berharap agar media pembelajaran yang
dikembangkan dapat mendukung pembelajaran dengan baik dan membuat pembelajaran
menjadi lebih interaktif serta membangkitkan minat siswa untuk belajar,
terutama pada pelajaran kimia dan dapat digunakan oleh semua kalangan terutama
bagi peserta didik kapan pun dan dimana pun artinya tidak terbatas waktu dan
ruang sehingga dapat menunjang proses pembelajaran. Penulis juga berharap agar
para pembaca dapat tau bahwa hp android selain digunakan sebagai alat
komunikasi, juga dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dan
semuanya tergantung pada keinginan guru untuk mengembangkannya. Guru harus
mampu menjadi tenaga pedidik yang profesional, tentuya dengan terus
mengembangkan diri dan evaluasi diri.
Demikian artikel singkat ini, semoga apa yang penulis
tulis dapat bermanfaat bagi semua pembaca dan dapat menginspirasi pembaca,
terutama guru-guru sebagai tenaga pendidik. akhir kata penulis ucapakan terima
kasih.
Salam Guru Kreatif !!!
Komentar
Posting Komentar